Kereta Api

Kereta Api Pariaman Ekspres Layani Ribuan Penumpang Saat Libur Tahun Baru Islam

Kereta Api Pariaman Ekspres Layani Ribuan Penumpang Saat Libur Tahun Baru Islam
Kereta Api Pariaman Ekspres Layani Ribuan Penumpang Saat Libur Tahun Baru Islam

JAKARTA - Pada momen libur Tahun Baru Islam 1 Muharram 1447 H yang jatuh pada akhir Juni 2025, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional II Sumatera Barat (Sumbar) mencatat lonjakan signifikan jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta api, khususnya KA Pariaman Ekspres. Libur yang bertepatan dengan libur sekolah ini memberikan peluang bagi masyarakat untuk memanfaatkan kereta api sebagai sarana perjalanan yang praktis dan ekonomis.

KAI Divre II Sumbar menjalankan 10 perjalanan KA Pariaman Ekspres setiap harinya, dengan rute Paulima-Naras yang menghubungkan Padang dan Pariaman. Rute ini cukup populer karena melewati kawasan wisata Pantai Gandoriah dan menawarkan pengalaman perjalanan selama sekitar 1,5 jam sambil menikmati panorama pesisir dan suasana pedesaan khas Sumatera Barat.

Menurut Reza Shahab, Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, animo masyarakat untuk bepergian menggunakan KA Pariaman Ekspres sangat tinggi selama masa liburan ini. “Hingga Sabtu, 28 Juni 2025, update volume penumpang KA Pariaman Ekspres dari tanggal 26-29 Juni 2025 mencapai 22.730 penumpang atau 133 persen dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan yakni 16.960 tempat duduk,” jelas Reza. Bahkan, puncak pemesanan tiket terjadi pada 28 Juni 2025 dengan 6.192 penumpang dalam satu hari, melebihi kapasitas 4.240 tempat duduk yang disediakan.

Keunggulan Kereta Api Sebagai Pilihan Transportasi Liburan

Tingginya angka penumpang yang menggunakan KA Pariaman Ekspres menegaskan posisi kereta api sebagai moda transportasi favorit masyarakat Sumatera Barat, khususnya saat liburan panjang. Selain harga tiket yang relatif terjangkau, kereta api juga memberikan keuntungan berupa keamanan, kenyamanan, serta fleksibilitas waktu perjalanan.

Perjalanan dengan KA Pariaman Ekspres memungkinkan wisatawan untuk menghindari kemacetan dan tekanan perjalanan darat, sekaligus menikmati keindahan alam pesisir Sumbar. Layanan yang diberikan pun didukung oleh optimalisasi rangkaian kereta dan peningkatan kualitas pelayanan di stasiun yang semakin ramah pelanggan.

Reza Shahab menambahkan bahwa peningkatan jumlah penumpang ini tidak hanya mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI, tetapi juga menunjukkan keberhasilan dalam perencanaan dan operasional angkutan selama masa libur. “Seluruh perjalanan KA didukung oleh petugas, optimalisasi rangkaian, dan layanan di stasiun yang semakin ramah pelanggan,” katanya.

KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dari sisi ketepatan waktu, kenyamanan, dan keselamatan. “Kami juga akan terus menyesuaikan kapasitas dan pola operasi untuk menjawab dinamika kebutuhan mobilitas masyarakat, terutama pada momen-momen dengan permintaan tinggi seperti long weekend ini,” tutup Reza.

Melalui pelayanan yang andal dan terencana dengan baik ini, KAI membuktikan bahwa kereta api tetap menjadi pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat, sekaligus mendukung geliat pariwisata di Sumatera Barat selama masa liburan.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index