JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi menaikkan harga skutik premium andalannya, Honda PCX 160, per 1 April 2025. Kenaikan harga ini merupakan yang pertama sejak peluncuran versi terbarunya pada Desember 2024. Kini, harga termurah PCX 160 berada di angka Rp 34,3 juta untuk varian CBS, on the road (OTR) Jakarta.
Kenaikan harga terjadi di seluruh varian Honda PCX 160, dengan nominal berbeda-beda. Varian PCX 160 CBS naik Rp 550 ribu dari harga sebelumnya Rp 33,75 juta. Untuk varian ABS, harga kini menjadi Rp 37,901 juta dari sebelumnya Rp 37,35 juta atau naik Rp 551 ribu. Sementara itu, varian tertinggi PCX ABS-Roadsync mengalami kenaikan paling kecil, yakni hanya Rp 401 ribu menjadi Rp 40,901 juta.
"Penyesuaian harga ini dilakukan mengikuti dinamika biaya produksi dan kebutuhan pasar, sambil tetap mempertahankan kualitas serta fitur premium yang ditawarkan Honda PCX 160," ujarnya.
Sebagai informasi, Honda tidak melakukan penyesuaian harga PCX 160 saat revisi harga motor matic lainnya pada Januari 2025. Oleh karena itu, kenaikan harga kali ini menjadi perhatian publik, terlebih PCX 160 merupakan salah satu skutik besar terlaris di segmennya.
Spesifikasi dan Fitur Honda PCX 160
Honda PCX 160 versi terbaru hadir dengan desain lebih agresif, termasuk dual headlamp dan fairing yang dibuat lebih lebar serta sporty. Desain lampu utama dilengkapi DRL LED, mempertahankan kesan elegan sekaligus modern.
Dari segi dimensi, motor ini memiliki panjang 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tinggi 1.123 mm. Jarak sumbu roda mencapai 1.313 mm, sementara jarak terendah ke tanah 135 mm. Tangki bahan bakarnya mampu menampung 8,1 liter, dan bagasi di bawah jok berkapasitas 30 liter.
Fitur andalan lainnya adalah sistem HSTC (Honda Selectable Torque Control), yang membantu menjaga traksi roda belakang saat melewati permukaan licin. Ketiga varian PCX 160 CBS, ABS, dan Roadsync dibekali fitur tersebut.
Khusus untuk varian RoadSync, Honda menyematkan layar TFT Panel Meter 5 inci dengan mode siang dan malam, serta fitur konektivitas yang memudahkan pengendara mengakses navigasi dan notifikasi ponsel. Fitur ini dilengkapi Pass Beam Switch di bagian handlebar dan suspensi belakang jenis sokbreker ganda tabung, berbeda dari tipe CBS dan ABS yang menggunakan sokbreker ganda biasa.
Soal dapur pacu, Honda PCX 160 ditenagai mesin 157 cc eSP+ 4 katup satu silinder SOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 11,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Performa tersebut membuat skutik ini tetap nyaman dan bertenaga baik di jalan perkotaan maupun perjalanan jarak jauh.
Dengan kombinasi fitur canggih dan desain mewah, Honda PCX 160 tetap menjadi salah satu pilihan utama di kelas skutik premium meski mengalami kenaikan harga. Namun, konsumen tetap disarankan mengecek harga di masing-masing daerah karena dapat berbeda dari harga OTR Jakarta.